Custom Search

Mengenal Gelang Haji Indonesia Tahun 1439 H / 2018 M

Gelang Haji Indonesia Tahun 2018 dengan QR Code (Sumber: Kemenag RI)

Mulai musim haji tahun 2018 ini, gelang haji Indonesia dilengkapi QR Code yang memuat data rinci jemaah haji, seperti identitas, daerah asal, termasuk nomor hotel yang ditempati jemaah selama di Arab Saudi. Gelang jemaah (yang juga sama dengan gelang petugas haji) terbuat dari baja putih yang bisa disebut monel atau stainless Steel. Gelang haji memiliki dimensi panjang 214,47 – 216,47 mm, lebar 10-12 mm, tebal 1,2 mm, dan berat 26 gram. (Lebih lanjut tentang QR Code bisa dibaca di tautan ini: Subhanallah, Jemaah Haji 2018 akan Menggunakan Gelang Dilengkapi Kode QR)

Pada bagian dalam gelang haji, tercetak grafir Kementerian Agama beserta logo Kemenag dan tahun keberangkatan haji. Sedangkan bagian luarnya memuat informasi identitas jemaah berupa nama Embarkasi haji dan tahun keberangkatan, nomor kloter, nomor paspor, tulisan Al Hajj al Indonesii (dalam bahasa Arab), bendera merah putih, QR Code, dan nama jemaah haji.

Gelang haji juga dilengkapi pengait dengan tiga lobang dan karet pengunci atau pengait agar gelang tidak mudah lepas. Warna gelang haji tiap embarkasi dibuat berbeda, yakni sebagi berikut:
  1. Embarkasi Aceh (BTJ) hijau daun
  2. Embarkasi Medan (MES) hijau tua
  3. Embarkasi Padang (PDG) merah marun
  4. Embarkasi Batam (BTH) merah cabe
  5. Embarkasi Palembang (PLM) orange
  6. Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) biru
  7. Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) biru
  8. Embarkasi Surakarta (SOC) kuning
  9. Embarkasi Surabaya (SUB) coklat
  10. Embarkasi Mataram (LOP) Biru Telur Asin
  11. Embarkasi Banjarmasin (BDJ) biru muda
  12. Embarkasi Balikpapan (BPN) merah muda
  13. Embarkasi Makassar (UPG) ungu
Direncanakan, gelang haji ini akan dibagikan ke setiap jemaah di Asrama Embarkasi bersamaan dengan pembagian living cost oleh petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi  (Sumber: Kemenag RI, 2018) [La Ode Ahmad]

0 Response to "Mengenal Gelang Haji Indonesia Tahun 1439 H / 2018 M"

Posting Komentar