Custom Search

Alhamdulillah, Bus Haji 2018 Insya Allah Jauh Lebih Baik

Sumber Gambar/Foto: Kemenag RI

Informasi yang disampaikan Kementerian Agama RI melalui situs resmi kementerian yang memiliki semboyan “Ikhlas Beramal” itu, bahwa layanan haji tahun 2018 lebih ditingkatkan lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satu diantaranya adalah layanan bus, baik bus antar kota perhajian maupun bus dalam kota, termasuk bus rute Makkah-Armina (Arafah-Muzdalifah-Mina) dan sebaliknya Armina-Makkah. Untuk layanan bus, khususnya bus Shalawat dan Bus Antar Kota, salah satu peningkatan yang signifikan adalah persyaratan usia kendaraan yang tidak boleh lebih dari 5 tahun, atau paling tua bus produksi tahun 2013. Layanan transportasi darat di Arab Saudi telah ditetapkan standar pelayanannya yang meliputi transportasi Bus Shalawat, Bus Antar Kota, dan Bus Armina.

Bus Shalawat
Tranportasi Bus Shalawat khusus akan melayani Jemaah di Makkah yang menempati hotel yang berjarak ≥ 1.500 meter dari Masjidil Haram. Bus Shalawat berjenis City Bus dengan akses tiga pintu, produksi ‘paling tua’ tahun 2013, ber-AC dengan kapasitas 70 penumpang, dan akan beroperasi selama 44 hari , 24 jam setiap harinya. (Lihat contoh Bus Shalawat di tautan ini: Ini Contoh Bus Shalawat)

Untuk diketahui, di Madinah tidak ada layanan Bus Shalawat seperti di Makkah, karena di Kota Nabi itu rata-rata jemaah menempati hotel yang berjarak lebih dekat dengan Masjid Nabawi. Bahkan dikabarkan, di Madinah seluruh jemaah haji Indonesia tahun 2018 ini akan menempati hotel-hotel yang berada di kawasan Markaziah yang berjarak kurang dari 500 meter dengan Masjid Nabawi.

Bus Antar Kota
Transportasi antar kota akan melayani rute dari bandara ke hotel atau sebaliknya. Bandara yang dimaksudkan adalah Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Layanan antar kota berikutnya adalah meliputi perjalanan jemaah haji dari Makkah ke Madinah dan sebaliknya. Bus dipersyaratkan produksi minimal tahun 2013 dengan kapasitas 47 seat, ber-AC dan sekaligus dilengkapi Toilet.

Bus Armina
Pelayanan transportasi Armina ditetapkan tahun pembuatan minimal 2008. Jumlah bus yang melayani Makkah-Arafah 21 bus per maktab, Arafah-Muzdalifah 9 bus per maktab, Muzdalifah-Mina 5 bus per maktab, Mina-Makkah 21 bus per maktab. Sistem operasional angkutan selama periode Armina menggunakan pola taraddudi (shuttle) atau bolak balik. (La Ode Ahmad)

Baca juga:
Mengikat Sebuah Makna Tentang Haji

0 Response to "Alhamdulillah, Bus Haji 2018 Insya Allah Jauh Lebih Baik"

Posting Komentar