Custom Search

Koper Jemaah Haji Tahun Ini Akan Diantar Hingga Kamar Hotel


Sumber Foto/Gambar: Kemenag RI
Layanan bagi tamu-tamu Allah dari tahun ke tahun terus ditingkatkan. "Tahun lalu, yang mengangkut koper dari Lobby Hotel ke kamar adalah masing-masing jemaah. Tahun ini kita minta (dan itu sudah disepakati) pemilik hotel menyediakan petugas angkut koper jemaah dari Lobby ke kamar", kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis dalam acara Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji di Arab Saudi 1439H/2018M. Dalam sosialisasi yang berlangsung di Medan, Jumat 29 Juni 2018 itu, Sri Ilham juga menegaskan, sejumlah layanan yang sudah berjalan dengan baik pada tahun lalu, tetap berjalan tahun ini. Salah satunya adalah keharusan pihak hotel untuk menyediakan air mineral sebanyak satu liter per hari per jemaah.

Menyinggung soal akomodasi pondokan jemaah di Makkah maupun di Madinah, Sri Ilham juga menegaskan bahwa Kementerian Agama telah menyewa sebanyak 165 hotel di Makkah dan 107 hotel di Madinah. Secara kualitas, hotel yang disewa minimal setara bintang tiga. Di makkah, jarak terjauh hotel dari Masjidil Haram adalah 4.390 meter. Sedang jarak terdekat 900 meter. Sementara itu, khusus di Madinah, jarak terjauh hotel dari Masjid Nabawi adalah 650 meter, atau dengan kata lain, semua pondokan jemaah Indonesia di Madinah masuk wilayah Markaziah.

Baca Juga:
Memahami Aliran Dana Haji Tiap Jemaah

Sehubungan semua hotel atau pondokan jemaah haji Indonesia di Madinah berjarak dekat dengan Masjid Nabawi, maka di Madinah tidak ada layanan Bus Sholawat. Berbeda dengan di Makkah yang memang disediakan layanan Bus Sholawat, khusus bagi jemaah yang menempati hotel berjarak 2000 meter atau lebih dari Masjidil Haram. Sebagai pengecualian, wilayah Mahbaz Jin, Makkah, meski berjarak kurang dari 2000 meter dengan Masjidil Haram, tepatnya sekitar 1800 meter, jemaah yang menempati kawasan tersebut disediakan layanan Bus Sholawat.  (La Ode Ahmad)

0 Response to "Koper Jemaah Haji Tahun Ini Akan Diantar Hingga Kamar Hotel"

Posting Komentar