Custom Search

Kini Jemaah Calon Haji Bisa Manasik Lebih Awal Tanpa Menunggu Pelunasan

Arafah Pra Wukuf, Jemaah Haji Mandiri Tahun 2018, Kloter 21-JKS, Kab. Karawang, Jawa Barat
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama RI, Nizar, mengatakan, kini Jemaah Calon Haji yang akan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci tidak perlu lagi menunggu pengumuman pelunasan terkait dengan kegiatan bimbingan manasik hajinya. Pasalnya kini kegiatan manasik tersebut sudah bisa dilaksanakan tanpa harus menunggu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Penegasan di atas disampaikan oleh Dirjen PHU saat memberikan arahan dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 14 Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Ditjen PHU, Senin 14 Januari 2019 di Ruang Sidang I Gedung Kementerian Agama Lantai 5, Jakarta. “Saat ini bimbingan manasik jemaah sudah bisa dilakukan pada level KUA tidak harus menunggu pelunasan,” tegas Nizar. “Pola bimbingan manasik haji”, lanjutnya, “dapat dilakukan dengan benar-benar berbasis regu dan rombongan sesuai dengan asal daerah jemaahnya”.

Baca juga:
loading...
Selama ini memang proses manasik haji yang dilakukan oleh Kementerian Agama melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Kantor Urusan Agama Kecamatan dilakukan setelah periode pelunasan BPIH telah dilaksanakan. Dengan penegasan seperti di atas, apalagi dengan rencana pola manasik yang akan dilakukan berbasis Regu dan Rombongan, maka efektivitas manasik haji akan lebih besar lagi dirasakan oleh jemaah, dan ini tentu saja akan berkontribusi positif pada kemandirian jemaah dalam melaksanakan Rukun Islam kelima itu. Dengan kata lain, harapan untuk menggapai haji yang mabrur/mabrurah melalui manasik yang efektif dapat dikhtiarkan lebih baik lagi.

Semoga penegasan Dirjen PHU di atas dapat segera ditindaklanjuti di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota hingga ke seluruh jajarannya di KUA Tingkat Kecamatan. Aamiin Ya Rabbal’alamin. (La Ode Ahmad)

0 Response to "Kini Jemaah Calon Haji Bisa Manasik Lebih Awal Tanpa Menunggu Pelunasan"

Posting Komentar